Pentingnya Transportasi Umum Yang Layak Bagi Penyandang Disabilitas

Transportasi umum bisa menjadi sumber stress bagi siapa pun yang menggunakannya. Bus yang terlambat atau kereta yang penuh sesak dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman untuk siapa saja yang akan memanfaatkan moda transportasi ini. Transportasi umum untuk penyandang disabilitas bisa menjadi lebih sulit. Jika Anda memiliki disabilitas maka Anda tahu bahwa menemukan transportasi yang dapat diakses berarti Anda akan dapat memiliki pekerjaan atau bersekolah, memiliki kehidupan sosial, berobat ke dokter, potong rambut, atau hanya pergi berbelanja atau sekedar menonton movie. Seperti orang lain, Anda layak memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kehidupan dan komunitas sebanyak yang Anda mampu. Yang berarti bahwa transportasi umum untuk orang dengan disabilitas adalah masalah kritis. Banyak penyandang disabilitas mengandalkan transportasi umum sebagai satu-satunya pilihan mereka. Sayangnya, banyak yang menemukan bahwa angkutan umum tidak selalu mengakomodasi mereka. Tatapan penuh prasangka dari penumpang lain hingga tidak tersedianya fasilitas penunjang membuat banyak penyandang disabilitas kehilangan kesempatan.

Aksesibilitas penting dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika berhadapan dengan lingkungan eksternal dan interior. Menyadari bahwa sebagian besar angkutan umum masih kurang dalam hal desain dan fasilitas yang baik sehingga diperlukan perhatian yang serius untuk memastikan kenyamanan bagi semua. Studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan disabilitas memiliki lebih sedikit peluang dan kualitas hidup yang lebih rendah daripada yang tidak memiliki disabilitas. Ditambah dengan aksesibilitas yang buruk, para penyandang disabilitas menghadapi lebih banyak tantangan dan kesulitan saat bepergian dan menggunakan transportasi umum. Oleh karena itu, menjadi semakin sulit untuk mengabaikan masalah penyandang disabilitas saat menggunakan fasilitas transportasi umum.

Untuk memperbaiki masalah ini akan termasuk menghilangkan hambatan di lingkungan yang dibangun, memungkinkan akses ke transportasi umum, menghilangkan hambatan dalam kendaraan umum dan membuatnya mudah untuk naik dan turun, serta membuat layanan informasi dan komunikasi yang cocok untuk digunakan oleh semua orang. Kuncinya adalah untuk mengintegrasikan langkah-langkah arsitektur, perencanaan dan transportasi di seluruh dan di seluruh sistem mobilitas. Banyak kasus dimana penyandang disabilitas enggan menggunakan transportasi umum untuk bepergian jarak jauh seperti kereta atau bus karena tidak tersedianya toilet yang ramah penyandang disabilitas. Bahkan, bus maupun kereta yang digunakan untuk jarak dekat juga belum menyediakan fasilitas yang memadai bagi penyandang disabilitas seperti menyediakan ram bagi mereka yang berada di kursi roda atau panduan lewat suara bagi mereka yang tuna netra.

Oleh karena itu, penting untuk membangun persepsi dan memberikan informasi supaya infrastruktur yang ramah bagi penyandang disabilitas semakin mudah di akses dan tersedia di semua tempat, terutama kota-kota besar dengan tingkat mobilitas tinggi. Ketersedian transportasi umum yang layak untuk penyandang disabilitas dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk bersekolah, bekerja dan mendapatkan hak-hak mereka sebagai warga Negara.